Antara Kritis Dan Sinis

Antara kritis dan sinis itu beda. Yang satu menguatkan, yang lain menjatuhkan.”

Kira-kira seperti itulah pelajaran yang bisa diambil dari perdebatan kecil saat itu. Yah, beberapa waktu lalu sempat terlibat perdebatan kecil antara saya dan dua orang kawan saya. Perbedaan pendapatlah yang memicu perdebatan kecil itu Perdebatan ini terjadi di jejaring sosial. Kala itu sedang membahas kondisi kekinian yang lagi hangat-hangatnya dibicarakan.

Kala itu saya hanya mencoba nimbrung pada obrolan mereka berdua, –walau sebenarnya saya tak suka berdebat– yang ternyata sudah agak panjang percakapannya. Berbeda pendapat itu wajar dan sah, kataku, saya masuk ditengah percakapan mereka, maksudnya adalah untuk menengahi mereka berdua. Lalu ku sampaikanlah pendapat saya di forum tersebut.

Percakapanpun kian panjang dan agak sengit. Kalimat yang digunakan pun sudah sedikit menjerumus emosi. Ini karena kata yang digunakan tak lagi sopan dan penggunaan tanda seru (!) yang berlebih, yang kemudian menimbulkan persepsi berbeda. Hingga pada akhirnya salah seorang teman saya, yang penggunaan kata dan kalimat yang kurang sopan tersebut merasa di’keroyok’ kami berdua. –karena sebelumnya sering kali kita tegur dengan penggunaan kata dan kalimatnya– mengatakan bahwa dirinya kritis terhadap kondisi kekinian tersebut. Dan sebelum akhirnya perdebatan kecil itu diakhiri, saya berujar, “antara kritis dan sinis itu bedanya tipis, yang satu menguatkan; yang lain menjatuhkan”.

***

Setelah perdebatan kecil tersebut berakhir, ada hal yang bisa saya petik sebagai pelajaran. Bahwa antara kritis dan sinis itu beda, beda niat diawal, beda dicara penyampaian, dan tentu saja beda dihasil yang dirasakan.

Salam.

Posted from WordPress for Android

About febrian hadi

Biasa Namun Tak Sederhana

Posted on 12 Januari 2014, in Cerita and tagged , . Bookmark the permalink. 20 Komentar.

  1. debatnya tentang apa nih, senior?

  2. kalau sinis biasanya cenderung meremehkan lawan bicara dan menganggap dirinya paling benar, bro🙂

  3. kalau bedanya tipis, bedainnya gimana om?

Silahkan berkomentar :-)

