2. #SpiritualSamurai : Suara Hati

Dalam prolog, dipostingan sebelumnya, sedikit mengulas warisan nilai-nilai dari ksatria Samurai. Samurai merupakan ksatria elit Jepang yang dikenal pemberani dan mahir menggunakan pedang, namun sangat santun, setia, dan senantiasa berpegang teguh pada nilai etika dan moralitas.

Hal yang paling mendasar dalam prinsip Samurai adalah berpegang teguh terhadap kejujuran pada diri sendiri, jika tidak, maka mereka dianggap belum benar-benar menjalani hidup secara utuh. Mereka menganggap apabila telah jujur pada diri sendiri maka secara spontan mereka pun akan jujur pada siapapun.

Jika kita mendalami lagi lebih jauh tentang prinsip Samurai, maka kita akan menemukan bahwa dibalik ketangkasan seorang Samurai, sesungguhnya mereka diarahkan untuk hidup dalam ketenangan jiwa dan keyakinan hati. Prinsip ini benar-benar ditanamkan ke dalam pikiran dan hati seorang Samurai, sehingga mereka senantiasa menghidupkan hati sebagai sumber cahaya dan keyakinan diri.

Yang menarik dari kstaria Samurai ini adalah mereka menjadikan suara hati sebagai sumber keyakinan dalam diri. Sebagai seorang muslim tentu ini bukan barang baru. Perintah ini sudah ada 1400 tahun yang lalu. Dalam sabdanya nabi berkata : Mintalah fatwa pada hatimu, kebaikan adalah sesuatu yang membuat hatimu tenang dan keburukan adalah sesuatu yang membuat hatimu gelisah.  [H.R. Ahmad dan al-Dârimî]

Suara hati itu tidak pernah bohong. Namun nyatanya, kitalah yang terlalu sering menghiraukan suara hati ini. Mudah-mudahan kedepan kita tak lagi menghiraukan suara hati yang lembut ini.

Posted from WordPress for Android

About febrian hadi

Biasa Namun Tak Sederhana

Posted on 21 Januari 2014, in Cerita, Karakter and tagged , , , . Bookmark the permalink. 51 Komentar.

  1. suara hati memang tak pernah bohong tapi ga selalu benar.

  2. Kastel Awan Burung Gereja-Takashi Matsuoka

  3. Samurai bukannya nama pedangnya bukan nama ksatrianya?

  4. Sepertinya belum ada.. Hehe

    Kamu aja pendirinya😀

  5. Cuman jeleknya samurai itu dia wajib berkomitmen pada “master”nya dalam kondisi apapun, baik benar ataupun salah, dan bersedia mempertaruhkan nyawa demi sang master.

    Misal sekarang jadi samurai-nya Jokowi nih, trus ternyata Jokowi kena kasus korupsi. Maka si samurai harus tetep bela Jokowi meski udah kebukti salah. Jokowi dihukum mati dia juga harus ikut mati. Wkwkwkwk…maaf contoh ngawur.

  6. blogger juga bisa menjadi samurai yang pedangnya berupa tulisan

  7. mmmmhhh… salut nilai-nilainya.
    seandainya kita2 muslim indonesah teguh sesuai ajaran, pasti bisa mau uga kya epank yg punya spiritual samure

Silahkan berkomentar :-)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: